PUPUK KOMPOS TIGA DAUN DESA BANJARATMA KEC BULAKAMBA BREBES


a11201106263 / PUPUK ORGANIK / 2018-09-17 17:54:37 UTC

Pak Salim Petani Brebes yang Tak Kenal Lelah Konsistensi, kerja keras, dan niat yang ikhlas adalah kata kunci untuk kesuksesan. Tiga hal inilah yang dilakukan hingga membuat dirinya sukses. Yang sekarang adalah sebagai pengurus kelompok tani, (GAPOKTAN) dan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S).

bersama kelompok tani bahagia 4 desa banjaratma kec bulakamba yang saat ini mengembangkan pupuk kompos/ pupuk organik yang sebelumny sudah di laksankan pada tahun 2000 dengan bersama dua orang yang membantu nya untuk pembuatan pupuk organik dan di bimbing / pembinaan dari dinas pertanian dan ketahanan pangan kabupaten brebes, dan pada tahun 2008 pupuk kompos mulai di produksi masal tetapi hanya untuk di butuhkan petani sekelilingnya.

Pada tahun 2012 kelompok tani bahagia 4 mendapatkan bantuan dari dinas pertanian mendapat fasilitas UPPO (Unit Pengolahan Pupuk Organik) sehingga diharapkan produksi dapat di tingkatkan hingga saat ini produksi pupuk organik dengan nama label prodak pupuk kompos  “ Tiga daun” rata-rata memproduksi 40 - 60 ton tiap tahun nya di jual dari berbagai desa desa dan kecamatan lainya seperti, wanasari, bulakamba,larangan dikemas dalam kemasan kantong ukuran 40 kg  dengan harga Rp. 30.000  ke unggulan dari pupuk kompos ini yaitu mencegah putik daun pada tanaman seperti bawang merah tidak berwarna kekuningan, meningkatkan kesuburan pada tanah