Kawasan Rumah Pangan Lestari Upaya Mengoptimalkan Pemanfaatan Lahan Pekarangan


dpkp / KRPL / 2019-10-21 01:37:00 UTC

Sebagai upaya mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan dan mencegah terjadinya masalah pangan di Indonesia, tahun 2010 Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian telah melaksanakan kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRtPL) di berbagai wilayah. termasuk Kabupaten Brebes  melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan konsep pertanian KRPL  (Kawasan Rumah Pangan Lestari).

sebagai langkah awal, konsep ini sudah diaplikasikan di tiga desa di Kab.Brebes. Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Brebes berharap konsep pertanian ini dapat menunjang kebutuhan bahan pangan, terutama jenis sayuran serta pembibitan tanaman untuk masyarakat luas.

Kepala Dinas Pertanian dan  Ketahanan Pangan Kab.Brebes menjelaskan bahwa pemanfaatan pekarangan rumah sangat potensial untuk bertanam sayur dan pembibitan tanaman maka konsep KRPL sangat aplikatif. agar konsep pertanian yang memanfaatkan pekarangan rumah ini dapat berkelanjutan dan hasilnya dapat dinikmati masyarakat setempat maupun masyarakat luas.

“Konsep KRPL yang memanfaatkan pekarangan sebagai lahan pertanian sayur dan sebagai lahan pembibitan tanaman sayur, konsep ini untuk menunjang kebutuhan bahan pangan yang dibutuhkan masyarakat. Dalam waktu dekat, konsep ini sudah dipraktekan di tiga desa pada dua kecamatan yaitu, Kecamatan Kersana dilaksanakan di Desa cigedog, desa Sindangjaya dan desa Ciampel sedangkan di Kecamatan Jatibarang dilaksanakan di Desa Janegara. Kegiatan ini dibiayai melalui APBD Provinsi Jawa Tengah,” ujar Ir.Yulia Hendrawati