Harga Bawang Merah Anjlog Pemerintah daerah (pemda) Korpri Akan Membeli Bawang Merah di Petani


dpkp / harga bawang merah / 2019-10-04 07:02:25 UTC

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes, Ir.Yulia Hendrawati,  menyampaikan bahwa pemerintah daerah (pemda) berencana membeli bawang merah petani. Hal ini dilakukan untuk mendongkrak harga bawang merah.

"Gubernur Jawa Tengah biasanya  menyampaikan, mengimbau  untuk bela-beli bawang merah. Kalau Pak Gubernur dan jajaran para anggota Korpri (Korps Pergawai Republik Indonesia) se-Jawa tengah untuk bisa membeli. sedangkan Ibu Bupati (Brebes) hanya teman-teman Korpri di kabupaten," Ujar Ir.Yulia Hendrawati.

Kepala Dinas pertanian mengklaim, kebijakan ini efektif mendongkrak harga bawang merah  di saat harganya sedang anjlok. "Jadi ketika bela-beli itu, para tengkulak sudah takut juga. Mereka juga terus menaikkan (harga)," katanya.

 Pembelian bawang merah pada harga Rp 13.000 - 15.000 per kilogram. Harga tersebut masih di atas titik impas atau break even point bawang merah sebesar Rp 12.500 per kilogram.  "Kalo PNS di Brebes itu sekitar  Rp 13 ribu. Membelinya ya gak banyak sih. Tapi itu cukup," katanya.

 Selain pembelian tersebut, pihaknya juga bekerja sama dengan satuan tugas (satgas) pangan Kepolisian RI (Polri) dalam upaya stabilisasi harga bawang merah. "Kepolisian tugasnya larangan untuk menimbun. Kepolisian kerja sama dengan para pengepul untuk tkdak menjadikannya sebagai usaha penimbunan" tutur Yulia.

 Ketua Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI), Menurut Juwari, melimpahnya produksi bawang merah kali ini  karena panen raya di berbagai sentra-sentra bawang merah, tak hanya di Brebes, Jawa Tengah.

 "Cuma harus diimbangi dengan penyerapan. Harus ada penyerapan dari instansi yang bisa menyerap seperti Bulog dan Kementerian Perdagangan,"