Ubinan Bawang Merah Bersama Pusdatin Kementrian Pertanian


dpkp / Ubinan bawang merah / 2019-08-19 08:01:01 UTC

Bawang merah merupakan salah satu komoditas penting di subsektor hortikultura yang ketersediaan pasokan dan harganya harus dikendalikan.
pada bulan Agustus 2019 di Kabupaten Brebes sedang terjadi panen raya di beberapa wilayah kecamatan. Kamis, 14 Agustus 2019 Pusat data dan sistem informasi  pertanian (Pusdatin) dan Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah melaksankan kegiatan pengambilan ubinan bawang merah dengan konversi bawang merah dari bentuk produksi umbi basah dengan daun ke umbi kering panen dengan daun.

kegiatan dilaksanakan di Desa Sidamulya Kecamatan Wanasari dan Desa Tengki Kecamatan Brebes serta didampingi oleh Kordinator Program wilbin beserta petani. Pengubinan biasa digunakan oleh petugas pertanian untuk menghitung secara cepat dan sederhana untuk mengethui hasil produksi panen bawang merah. 

Untuk melakukan pengubinan ini ada tahapan-tahapan yang harus dilalui oleh petugas atau siapa saja yang ingin menghitung potensi hasil produksi tanamannya. Proses yang pertama kali harus dilakukan adalah menghitung jumlah rumpun X danY.
setelah proses ubinan selesai kemudian melakukan metode wawancara kepada petani guna untuk mengetahui biaya produksi serta kendala hama dan jenis pupuk yang digunakan.

Fungsi kegiatan pengubinan adalah para petani bisa mengetahui perkiraan potensi hasil dari tanaman tersebut. Kegiatan pengubinan bisa membuka pengetahuan petani tentang prediksi produksi juga menjadi sarana bagi penyuluh dalam membuka wawasan pola pikir petani tentang teknologi pertanian. Dari hasil yang diperoleh, panen bawang cukup memuaskan dengan kendala ketersediaan air yang minim.