Fram Field Day (FFD) Sekolah lapang PHT Komoditas Kopi Desa Wanoja


dpkp / SL-PHT Kopi / 2019-07-29 08:09:46 UTC

Kepala dinas pertanian dan ketahanan pangan Ir.Yulia Hendrawati, M.Si di dampingi Kepala Bidang Hortikultura dan perkebunan Ir.Tanti Palupi, MP. melaksanakan kegiatan SL-PHT komoditas kopi yang dilaksanakan di desa wanoja Kecamatan salem kabupaten Brebes. Kegiatan ini dilaksanakan dalam 12 kali pertemuan pada tiap-tiap kelompok/Kecamatan.

tujuannya SL-PHT ini untuk mengembangkan sumber daya manusia perkebunan dalam pengusahaan dan penetapan prinsip Pengendalian Hama Terpadu (PHT) pada tanaman perkebunan dan mengembangkan kekompakan, keterampilan para petani untuk merencanakan, mempersiapkan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatannya yang berkaitan dengan budidaya serta mengembangkan kemampuan dan menumbuhkan motivasi petani untuk menjadi petani mandiri yang mampu memecahkan masalah dan mencari solusi serta menemukan, menganalisa, mendiskusikan, memutuskan hal yang harus ditindak lanjuti sehingga menjadi manager di lahan/kebunnya sendiri. 

Harapan kepala dinas pertanian dengan sekolah lapang ini supaya terbentuk kelompok tani Pengendalian Hama Terpadu (PHT) yang mandiri dan kokoh serta mempunyai kesadaran yang tinggi dan mementingkan kepentingan bersama serta mampu melindungi dan memperbaiki lingkungan dari pencemaran bahan-bahan kimia beracun melalui teknologi PHT khususnya dalam pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT). Ujar Ir.Yulia Hendrawati dalam memberikan paparan.