Peresmian Posko Kekeringan Kabupaten Brebes


dpkp / Peresmian Posko Kekeringan / 2019-07-19 07:13:10 UTC

Posko Kekeringan Kab Brebes di resmikan secara langsung oleh Ibu Bupati Brebes, bersama dengan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab Brebes Ir. Yulia Hendrawati, M.Si, dan Dandim 0713 Letkol Inf Faizal Amri. SE. Acara dihadiri oleh BPTP selaku PJ Upsus Pantura Barat, Kepala Lab Pengamat Hama, Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung, Kepala Baperlibangda, Camat, Korpro/Kepala BPP se- Kab Brebes, Danramil se kab Brebes dan perwakilan anggota P3A, UPJA dan Kelompok Tani.  Posko didirikan di halaman kantor Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Rabu (17/7) 

Peresmian Posko Kekeringan ini menindaklanjuti hasil rapat Mitigasi Kekeringan di Jakarta 8 juli 2019 dan Rakor Upsus Jateng di Cepu tanggal 10 - 11 juli di Blora yang menekankan bahwa semua kabupaten harus membuat posko kekeringan. Dengan mitigasi posko kekeringan inidiharapkan kerugian yang diakibatkan oleh bencana kekeringan dapat ditanggulangi/diminimalkan. 

Maksud dan tujuan didirikannya posko kekeringan adalah sebagai tempat  berkoordinasi antar stakeholder dalam upaya mengidentifikasi sumber air alternatif yang masih tersedia dan  dimanfaatkan baik melalui pompanisasi dan irigasi air tanah dangkal, untuk mengawal pemanfaaatan sumber - sumber air sebagai suplesi pada lahan sawah yang terdampak kekeringan, selanjutnya menerapkan dan mengawal gilir - giring air pada daerah irigasi yang airnya terbatas.

Acara diawali dengan kunjungan Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti,SE.,MH, meninjau ke lahan sawah kekeringan dan dilakukan pegairan dengan pompanisasi. 

Bupati Brebes mengharapkan seluruh tim pengawasan posko kekeringan benar benar mampu bekerja dengan maksimal, selalu bersinergi dengan TNI, Polri, Penyuluh Pertanian, Gapoktan, Poktan dan Petani demi mewujudkan pertanian Kabupaten Brebes yang bebas dari kekeringan." Ujar Idza Bupati Brebes
Untuk diketahui, diresmikannya posko kekeringan. Merupakan gagasan Kementerian Pertanian dan kemudian diselaraskan ke Kabupaten melalui Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes Ir. Yulia Hendrawati, M.Si dalam laporannya menyampaikan keberadaan posko kekeringan, adalah langkah pemerintah dalam menyikapi perkiraan musim kemarau yang akan datang. “Dengan adanya posko kekeringan, nantinya bisa tetap menjaga produktivitas para petani dalam mengupayakan hasil maksimal dalam bercocok tanam,” kata Kepala Dinas Pertanian Ir.Yulia Hendrawati M.Si.

Komandan Kodim Letkol Inf Faisal Amri, SE, dalam sambutannya meski sudah diresmikan posko kekeringan, ia berharap saat musim kemarau ini, mudah-mudahan intensitas hujan akan tetap turun seperti pada kemarau-kemarau sebelumnya, namun tetap berupaya memanfaatkan air yang ada, seperti di Losari ini, manfaatkan air sungai dari Cisanggarung agar bisa berhasil hingga saatnya panen nanti. Tutur Dandim.