Pemberdayaan Poktan Melalui SL Bawang Merah


dpkp / Pertanian / 2018-12-13 07:19:59 UTC

Dalam upaya meningkatkan pembangunan pertanian terutama dalam rangka mensukseskan program upaya khusus padi jagung kedele ( upsus Pajale ), peranan kelembagaan kelompok tani di pedesaan sangat besar dalam mendukung dan melaksanakan berbagai program yang sedang dan akan dilaksanakan karena kelompok tani inilah pada dasarnya sebagai pelaku utamanya. 

Keberadaan kelembagaan kelompok tani sangat penting diberdayakan karena potensinya sangat besar. Kelembagaan kelompok tani ini sangat efektif sebagai sarana untuk kegiatan belajar, bekerja sama, dan pemupukan modal kelompok dalam mengembangkan usahatani.

Pentingnya pemberdayaan kelompok tani tersebut sangat beralasan karena kalau kita perhatikan keberadaan kelompok tani akhir-akhir ini - terutama sejak era otonomi daerah dilaksanakan - ada kecenderungan perhatian pemerintah daerah terhadap kelembagaan kelompok tani sangat kurang bahkan terkesan diabaikan sehingga kelembagaan kelompok tani yang sebenarnya merupakan aset sangat berharga dalam mendukung pembangunan pertanian belum berfungsi secara optimal seperti yang diharapkan Pengertian Sekolah Lapang Sekolah Lapang adalah proses pembelajaran non formal bagi petani untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan ketrampilan dalam mengenali potensi menyususn rencana usaha, identifikasi dan mengatasi permasalahan, mengambil keputusan dan menerapkan teknologi yang sesuai dengan sumberdaya setempat usahatani lebih efisien, berproduktifitas tinggi dan berkelanjutan "garudanews".


Sekolah lapang dipandang sebagai salah satu metode dalam proses belajar mengajar yang cukup efektif, karena cocok sebagai metode pembelajaran bagi orang dewasa ( Andragogi ) karena sifatnya yang tidak formal. Proses belajar dilakukan di lapangan dimana tersedia obyek nyata berupa tanaman bawang merah yang dijadikan materi pelajaran.

SL-GAP Bawang Merah Di Kecamatan Wanasari
Pelaksanaan sekolah lapang komoditas bawang merah di Kecamatan Wanasari tahun 2018 adalah sebagai berikut :
a.    Lokasi dan waktu
Pelaksanaan sekolah lapang untuk komoditas bawang merah di Kecamatan Wanasari pada tahun 2018 alokasi 1 unit yaitu:
1.    Kelompok tani 'Sida Makmur' Desa Sidamulya dengan pemandu SL Radi, S.PKP.