Lomba Cipta Menu B2SA Tingkat Kabupaten Brebes


a11201106263 / Lomba Cipta Menu / 2018-10-29 07:27:17 UTC

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Ir. Budhiarso Dwi Hartono dan Kepala Bidang Ketahanan Pangan Ir. Talab bersama Tim Penggerak PKK (TP PKK) se Kabupaten Brebes, Rabu (18/4/2018) di Pendopo Kab. Brebes menggelar Lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) diikuti oleh 20 perwakilan penggerak PKK se Kabupaten Brebes.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Ir.Talab mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi ketergantungan konsumsi beras.
Ini untuk memasyarakatkan diversifikasi pangan melalui bahan-bahan sumber karbohidrat pengganti beras dan terigu, sekaligus mengangkat potensi bahan pangan lokal sumber karbohidrat non beras non terigu yang ada di wilayah masing-masing peserta, jelasnya.
lomba juga untuk menambah pengetahuan masyarakat pentingnya konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman serta membangun budaya keluarga untuk mengkonsumsi aneka jenis pangan dengan porsi yang seimbang.

kriteria penilaian lomba anatara lain penampilan dan penyajian, kreatifitas, cita rasa, daftar resep dan pengembangannya, keamanan pangan, aplikasi dalam kehidupan sehari-hari serta nilai gizi yang digunakan untuk pembuatan makanan yang dilombakan.

Sebagai Juara 1 adalah TP PKK Kecamatan Paguyangan, diikuti Kecamatan Bantarkawung Juara 2 dan Juara 3 diraih oleh Kecamatan Sirampog. Untuk juara harapan diraih oleh Kecamatan Kersana sebagai Juara Harapan I, Kecamatan Bumiayu Juara Harapan 2 dan Kecamatan Wanasari menjadi Juara Harapan 3.


Pemenang 1-3 mendapat tropy dan hadiah uang pembinaan masing-masing 1 juta, Rp 800 ribu dan Rp 600 ribu ditambah seperangkat alat masak. Sedangkan Juara Harapan mendapat uang pembinaan Rp 500 ribu Rp 400 ribu dan 300 ribu. dan Peserta yang Juara I akan di ikutsertakan dalam Lomba Cipta Menu di Tingkat Popinsi Jawa Tengah Semarang.