PNS dan Polisi di Brebes Wajib Beli Bawang Merah Petani Minimal 2 Kg


a11201106263 / BAWANG MERAH / 2018-10-18 07:09:29 UTC

Menyikapi anjloknya harga bawang merah yang merugikan para petani, Bupati Brebes, Idza Priyanti, mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang dikirim ke semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Brebes  Isi surat itu menginstruksikan para pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Brebes untuk membeli bawang di petani langsung minimal sebanyak dua kilogram.

Dalam surat juga ditegaskan besaran harga bawang perkilogramnya. Para PNS membeli bawang merah dengan harga Rp 15.000 per kilogram.

Harga itu, merupakan angka di atas rata- rata harga pasaran saat ini yang hanya   Rp 7.000 Perkilogram.

"Dengan memborong bawang, harapannya, para petani dapat terbantu di tengah anjloknya harga yang membuat petani mengalami kerugian," Ujar Bupati Brebes.

Selain itu, dengan harga Rp 15.000 perkilogram, diharapkan para petani dapat menanam bawang lagi tanpa mengalami kerugian. Jumlah total PNS di lingkungan Pemkab Brebes ada 12.000 orang.

Sesuai kalkulasi, jika seorang PNS membeli dua kilogram, nantinya akan ada sekitar 24 ton bawang dari petani yang terserap.

aksi memborong bawang merah juga dilakukan semua jajaran personel kepolisian dari Polres Brebes.