Visi Misi


2018-10-09 05:29:20 UTC

Visi, Misi & Strategi

Pembangunan pertanian tanaman pangan dan hortikultura memiliki peran yang strategis dalam perekonomian Kabupaten Brebes. Peran strategis pertanian tersebut digambarkan melalui kontribusi yang nyata melalui: salah satu lumbung pangan Propinsi Jawa Tengah dan Nasional, sentra bawang merah nasional, penyerap tenaga kerja terbesar, sumber pendapatan penduduk dan PDRB terbesar serta pelestarian lingkungan melalui praktek usahatani yang ramah lingkungan. Berbagai peran strategis pertanian tanaman pangan dan hortikultura dimaksud sejalan dengan tujuan pembangunan perekonomian Kabupaten Brebes yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat mempercepat pertumbuhan ekonomi, mengurangi kemiskinan, menyediakan lapangan kerja, serta memelihara keseimbangan sumberdaya alam dan lingkungan hidup.
“Terwujudnya Masyarakat Mandiri Produktif, Sejahtera dan Berkeadilan”
  1. Masyarakat yang mandiri dan produktif
  2. Masyarakat yang sejahtera
  3. Berkeadilan dalam pembangunan daerah


VISI

TERWUJUDNYA PERTANIAN TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA YANG PRODUKTIF DAN BERKELANJUTAN UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PANGAN, NILAI TAMBAH DAN KESEJAHTERAN PETANI

 

MISI

Sebagai upaya untuk mewujudkan visi tersebut di atas, maka misi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan adalah :

  1. Meningkatkan akses pendidikan yang terjangkau dan berkualitas
  2. Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat
  3. Meningkatkan pengembangan ekonomi kerakyatan 
  4. Meningkatkan pembangunan infrastruktur sesuai rencana tata ruang dan ramah lingkungan
  5. Meningkatkan kesetaraan gender dan pemenuhan hak anak
  6. Menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

TUJUAN STRATEGI

Dalam rangka mencapai visi dan misi Kemenristekdikti seperti yang dikemukakan di atas, maka visi dan misi tersebut dirumuskan ke dalam bentuk yang lebih terarah dan operasional berupa perumusan tujuan strategis (strategic goals). Dalam rangka memecahkan permasalahan yang dihadapi seperti yang dijelaskan pada bagian sebelumnya dalam rangka mewujudkan visi dan melaksanakan misi Kemenristekdikti, maka tujuan strategis yang harus dicapai adalah :

  1. Meningkatnya relevansi, kuantitas, dan kualitas pendidikan tinggi untuk keunggulan daya saing bangsa;
  2. Meningkatnya inovasi untuk keunggulan daya saing bangsa; dan
  3. Terwujudnya tata kelola pemerintahan yang efektif, efisien dan berintegritas dalam rangka reformasi birokrasi.

Untuk melihat secara lebih konkrit ketercapaian tujuan strategis tersebut perlu ditetapkan ukuran indikator tujuan tersebut secara kuantitatif. Dalam rancangan lima tahun ke depan, indikator kinerja tujuan strategis diukur dengan indeks pendidikan tinggi pada tahun 2019 ditargetkan berada pada peringkat 56 besar dunia dengan nilai 5,0 dan indeks inovasi Indonesia pada tahun 2019 yang ditargetkan berada pada peringkat 26 besar dunia dengan nilai 4,4.

SASARAN STRATEGI

Tujuan strategis tersebut kemudian dijabarkan dalam 5 (lima) sasaran strategis sesuai dengan permasalahan-permasalahan yang harus diselesaikan dalam kurun waktu 2015-2019. Sasaran strategis tersebut adalah :

  1. Meningkatnya relevansi, kuantitas, dan kualitas pendidikan tinggi;
  2. Meningkatnya kemampuan iptek dan inovasi; dan
  3. Terlaksananya reformasi birokrasi.