News Detail

admindpkp December 27, 2017

SAATNYA MENERAPKAN PERTANIAN ORGANIK

Sejak sekitar dua dasa warsa terakhir, persoalan pemanasan global dan perubahan iklim telah menjadi fokus perhatian kalangan ahli dan pecinta lingkungan, bahkan kini telah menjadi isu dunia yang penting. Berbagai pertemuan tingkat tinggi telah membahas berbagai fenomena terkait dengan pemanasan global dan perubahan iklim. Beberapa diantaranya telah melahirkan berbagai kesepakatan, seperti “Rio de Janeiro Chapter” (1992), “Protokol Kyoto (1997), “Bali Road Map” (2007), hingga “Copenhagen Accord” (2009).

Kesejahteraan Masih Rendah
Wilayah Kabupaten Brebes Propvinsi Jawa Tengah dikenal sebagai daerah agraris yang letaknya membujur dari wilayah utara yang memiliki wilayah pesisir dengan potensi sebagai penghasil bawang merah dan penghasil produk.

perikanan sampai ke wilayah selatan yang memiliki pegunungan atau dataran tinggi dengan tanaman hutannya sebagai penyangga daerah hilirnya yang ada diwilayah pantai utara. Sebagian besar penduduknya hidup dari usaha tani. Potensi sumberdaya alam Kabupaten Brebes yang besar tersebut, memberikan harapan akan masa depan warganya yang makmur nan sentosa.

Sayangnya, kenyataan tidak seindah harapan. Pendapatan masyarakat yang hidup sebagai petani maupun nelayan rata-rata masih rendah. Tingkat kesejahteraan keluarga petani umumnya lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang menekuni bidang industri, perdagangan, ataupun pariwisata. Itu sebabnya, dari tahun ke tahun, minat generasi muda untuk menekuni usaha tani semakin berkurang, mereka lebih tertarik bekerja di Jakarta, karena pertanian.

dianalogikan dengan pekerjaan yang kotor, terbelakang, dan tradisional dengan pendapatan yang rendah.
Kondisi ini makin diperparah dengan menguatnya fenomena pemanasan global yang memunculkan berbagai dampak, di antaranya perubahan iklim. Makin ekstremnya perubahan iklim, membuat risiko dan ancaman dalam berusaha tani makin besar, yang dapat menghantarkan petani kegagalan panen.

Menyikapi Perubahan Iklim
Dengan adanya perubahan iklim dunia, ada beberapa orang petani di Kabupaten Brebes menyikapinya dengan sangat bijaksana guna kelestarian lingkungan hidup, diantaranya adalah Bapak Mashadi dari Desa Pagejugan Kecamatan Brebes sejak tahun 2006 rajin mendampingi kelompok masyarakat di wilayah desa pesisir

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *