Refugia Tanaman Cantik Pengendali Hama yang Ramah Lingkungan

154


DPKP Brebes – Pertanian merupakan salah satu sektor yang menjadi pilar ekonomi di wilayah Kabupaten Brebes. Sektor pertanian sangat bergantung pada kelestarian alam yang menjadi tempat tumbuhnya sektor pertanian, sehingga tantangan budidaya pertanian di era ini adalah pertanian yang ramah lingkungan. Di sisi lain, kondisi para petani di Kabupaten Brebes saat ini sangat bergantung pada penggunaan pestisida kimia dalam pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT). Penggunaan pestisida kimia yang berlebihan dapat mengganggu kelestarian alam dan tidak ramah lingkungan sehingga dibutuhkan sarana pengendalian OPT yang ramah lingkungan sebagai jalan alternatifnya.

Refugia merupakan Tumbuhan yang tumbuh/ditanam di sekitar tanaman yang dibudidayakan, yang berpotensi sebagai mikrohabitat maupun konservasi musuh alami seperti predator maupun parasit bagi Organisme Pengganggu Tanaman (OPT). Bererapa manfaat tanaman refugia yaitu :
* Mengundang musuh alami OPT
* Menyediakan tepung sari bagi musuh alami
* Sebagai mikrohabitat bagi musuh alami
* Pemanfaatan lahan secara optimal
* Melestarikan lingkungan.
Diharapkan dengan penenaman tanaman Refugia dapat menambah populasi musuh alami di sekitar tanaman budidaya sehingga OPT dapat dikendalikan dengan cara yang ramah lingkungan. Berikut ini kami sajikan pamflet lebih lengkap terkait tanaman Refugia