UMKM Produsen Bawang Goreng di Kecamatan Larangan

116

dpkpbrebes Senin, 18 April 2022, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab.Brebes Ir.Yulia Hendrawati, M.Si mengunjungi pelaku usaha hasil olahan bawang goreng khas brebes di Desa Kedungbokor Kecamatan Larangan. Dalam proses produksi membutuhkan sekitar 5 kwintal bawang merah per hari. Melalui kunjungan ini, melihat penumbuhan UMKM Hortikultura bisa mendorong peningkatan nilai tambah yang lebih tinggi dari pada produk segar. Kepala DPKP Kab.Brebes berharap ke depan penumbuhan UMKM Hortikultura ini dapat dilaksanakan secara lebih masif untuk meningkatkan nilai tambah hortikultura di tingkat petani sehingga bisa meningkatkan kesejahteraannya sekaligus menyerap tenaga rumah tangga.

Kepala DPKP Kab.Brebes melanjutkan perjalanan ke lapak bawang di Desa Karangbale Kecamatan Larangan untuk meninjau ketersediaan bawang merah 14 hari menjelang hari besar keagamaan idul fitri 1443 H, pasokan bawang merah di Brebes masih surplus untuk nantinya di kirim di berbagai daerah seperti Bandung, DKI, Surabaya, Semarang.


Untuk harga di tingkat petani di kisaran Rp 18.000- Rp 19.000 dan tingkat konsumen Rp 22.000- Rp 24.000 ukuran besar. Kepala DPKP berharap, semoga harga di tinggakt petani stabil dan harga tinggkat konsumen sehingga nantinya petani akan mendapatkan keutungan. (el/wd)